1.
Metodologi berorientasi
objek
Metodologi merupakan Suatu strategi
pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan
objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan terhadapnya.Sedangkan pemrograman
berorientasi objek adalah Berorientasi objek merupakan sebuah paradigma yang
menggunakan objek sebagai abstraksi dunia nyata, dalam lingkup berorientasi objek
dikenal beberapa istilah yaitu objek dan class.Tahap-tahap metodologi
berdasarkan System Development life Cycle(SDLC) digunakan dengan memperhatikan karakteristik
khusus berorientasi objek.
Gambar 1.SiklusHidupPerangkatLunak
Karakteristik
Metodologi berorientasi objek
:
1.
Encapsulasi
Pemrograman
yang lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek external atau sama pengertianya
dengan program yang dibungkus antara data dan perilaku.
2.
Inheritance
Merupakan turunan dari dari base class ke derived
class. Tiap derived class dapat memakai data atau method dari kelas induknya.
3.
Polimorphisme
Merupakan method dengan nama yang sama tetapi digunakan
oleh objek yang berbeda dalam kelas yang sama.
2.
Object Oriented
analysis dan Design (OOAD)
Object Oriented Analysis
Merupakan
metodeanalisi yang memeriksa requirements (syarat atau keperluan yang harus dipenuhi
system) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemukan dalam ruang
lingkup permasalahan.
Object Oriented Design
Merupakan
metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek
system atau sub system
3. Usecase
Diagram
Use case diagram
memperlihatkan interaksi yang
terjadi antara aktor-aktor dengan use case - use case dalam sistem. Use
case diagram menggambarkan kebutuhan sistem dari
sudut pandang di luar sistem. Berikut merupakan
contoh usecase diagram.
Gambar 2.Usecase Diagram
4. Sequence
Diagram
Diagram
sequence adalah diagram yang
memperlihatkan detail urutan proses yang dilakukan dalam system untuk mencapai tujuan
dari usecase. Sequence digram terbagi menjadi 2 yaitu :
a.
Sequence diagram
Level Analisis
Diagram sequence level
analisis menjelaskan detail urutan proses secara umum
b.
Sequence Diagram
Level Desain
Diagram
sequence level desain menjelaskan detail urutan proses secara khusus berkaitan langsung
dengan aplikasi perangkat lunak.
Contoh
sequence diagram :
Gambar
3.Contoh sequence Diagram Level analisis
Gambar
4.Contoh sequence Diagram Level Desain
5.
Class
Diagram
Class
Diagram menggambarkan system atau perangkat
lunak yang ada di dalamnya, selain itu class diagram menggambarkan struktur
dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain
seperti agregasi, dependensi, asosiasi, dan lain-lain. Diagram kelas akan membantu
para pengembang untuk melihat dan merencanakan
struktur dan system sebelum kode pemrograman dituliskan oleh pemrogram sehingga
memastikan bahwa system atau perangkat lunak yang dibuat dirancang dengan baik sedari
awal. Class diagram terbagi menjadi 2 yaitu class diagram level analisis dan
class digram level desain.
• Class Diagram Level Analisis
Diagram kelas level analisis menjelaskan keterkaitan antara
boundary, control dan entity.
• Class Diagram Level Desain
Diagram kelas level desain menjelaskan deskripsi
class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti agregasi,
dependensi, asosiasi, dan lain-lain. Didalam diagram kelas level desain memiliki
3 hal yang penting yaitu :nama, atribut dan metode
Gambar
5. Class Diagram Level analisis
Gambar
6. Class Diagram level desain
6.
Desain
Interface
Penghubung (interface)
merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.
Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari subsistem ke
subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari subsistem akan menjadi
masukan (input) untuk subsistem yang lainnya melalui penghubung (interface).
Dengan penghubung atau subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
Gambar
7.ContohDesain Interface
Tidak ada komentar:
Posting Komentar