Kamis, 08 November 2018

Pengembangan PBO



 PENGEMBANGAN BERORIENTASI OBJEK
1.       Metodologi berorientasi objek
Metodologi merupakan Suatu strategi pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan terhadapnya.Sedangkan pemrograman berorientasi objek adalah Berorientasi objek merupakan sebuah paradigma yang menggunakan objek sebagai abstraksi dunia nyata, dalam lingkup berorientasi objek dikenal beberapa istilah yaitu objek dan class.Tahap-tahap metodologi berdasarkan System Development life Cycle(SDLC) digunakan dengan memperhatikan karakteristik khusus berorientasi objek.
Gambar 1.SiklusHidupPerangkatLunak
Karakteristik Metodologi berorientasi objek :
1.    Encapsulasi
Pemrograman yang lebih memperhatikan aspek internal daripada aspek external atau sama pengertianya dengan program yang dibungkus antara data dan perilaku.
2.    Inheritance
Merupakan turunan dari dari base class ke derived class. Tiap derived class dapat memakai data atau method dari kelas induknya.
3.    Polimorphisme
Merupakan method dengan nama yang sama tetapi digunakan oleh objek yang berbeda dalam kelas yang sama.
2.      Object Oriented analysis dan Design (OOAD)
Object Oriented Analysis
Merupakan metodeanalisi yang memeriksa requirements (syarat atau keperluan yang harus dipenuhi system) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemukan dalam ruang lingkup permasalahan.
Object Oriented Design
Merupakan metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek system atau sub system


3.      Usecase Diagram
Use case diagram memperlihatkan interaksi yang terjadi antara aktor-aktor dengan use case - use case dalam sistem. Use case diagram menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang di luar sistem. Berikut merupakan contoh usecase diagram.
Gambar 2.Usecase Diagram

4.      Sequence Diagram
Diagram sequence adalah  diagram yang memperlihatkan detail urutan proses yang dilakukan dalam system untuk mencapai tujuan dari usecase. Sequence digram terbagi menjadi 2 yaitu :
a.       Sequence diagram Level Analisis
Diagram sequence level analisis menjelaskan detail urutan proses secara umum
b.      Sequence Diagram Level Desain
Diagram sequence level desain menjelaskan detail urutan proses secara khusus berkaitan langsung dengan aplikasi perangkat lunak.
Contoh sequence diagram  :

Gambar 3.Contoh sequence Diagram  Level analisis




Gambar 4.Contoh sequence Diagram  Level Desain
5.      Class Diagram
Class Diagram menggambarkan system atau perangkat lunak yang ada di dalamnya, selain itu class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti agregasi, dependensi, asosiasi, dan lain-lain. Diagram kelas akan membantu para pengembang untuk melihat dan  merencanakan struktur dan system sebelum kode pemrograman dituliskan oleh pemrogram sehingga memastikan bahwa system atau perangkat lunak yang dibuat dirancang dengan baik sedari awal. Class diagram terbagi menjadi 2 yaitu class diagram level analisis dan class digram level desain.
     Class Diagram Level Analisis
Diagram kelas level analisis menjelaskan keterkaitan antara boundary, control dan entity.
     Class Diagram Level Desain
Diagram kelas level desain menjelaskan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti agregasi, dependensi, asosiasi, dan lain-lain. Didalam diagram kelas level desain memiliki 3 hal yang penting yaitu :nama, atribut dan metode

Gambar 5. Class Diagram Level analisis


Gambar 6. Class Diagram level desain
6.      Desain Interface
Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem yang lainnya melalui penghubung (interface). Dengan penghubung atau subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
Gambar 7.ContohDesain Interface


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRAPICAL USER INTERFACE (GUI)

GRAPICAL USER INTERFACE (GUI) 1.       Konsep GUI GUI (Graphical User Interface) merupakan sebuah teknologi antar muka pengguna yang...